9 Ideas Sukses Usaha Warung Kopi Di Rumah, Modal Kecil Cuan Besar!

Jadi, espresso shop dan espresso home itu dipersamakan di mata hukum. Bagi usaha yang bergerak di bidang kedai kopi tentu wajib memiliki izin usaha Tanda Daftar Usaha Pariwisata Kedai Kopi / espresso store. Dijelaskannya, ia juga melakukan kerjasama dengan pelaku industri kopi untuk memproduksi bahan baku.

Bisnis kedai kopi

Belum lagi keuntungan yang sangat menggiurkan ketika terjun di bisnis ini. Permintaan akan minuman berbasis kopi dengan kualitas tinggi, saat ini menjadi tren tersendiri untuk meningkatkan penjualan di pasarnya. Maka sebaiknya kedai kopi bertempat di lokasi yang benar-benar baik untuk dikelola agar bisa sukses dan berkembang kedepannya.

Starategi merupakan suatu langkah atau cara agar mendukung kelancaran usaha. Lakunya kedai kopi hits juga gara-gara banyaknya media on-line yang mengulas. Nah, warung kopi pinggir jalan pun juga bisa melakukan hal yang sama lah.

Bedanya, kalau lelaki senang meminumnya di warung, sementara perempuan cenderung menikmatinya sendiri di rumah. Caranya bisa dari mulut ke mulut, membuat evaluation kedai kopi kamu hingga memanfaatkan sosial media. Mungkin banyak orang berpikir, tempat paling strategis untuk mengawali bisnis kopi ini adalah kawasan sekolah atau kampus, kawasan perkantoran, lingkungan pasar dan mall, perumahan, atau tempat wisata. Tentu, harga untuk bahan-bahan berkualitas tinggi tersebut tidak murah.

Tak hanya teknik, Heru juga membagikan signature receipt yang menjadi andalannya dalam meracik kopi untuk Simetri Coffee Roasters. Menjamurnya kedai kopi di Yogyakarta, merupakan bukti pesatnya pertumbuhan industri horeka sebagai pendukung sektor pariwisata dan edukasi. Mengusung tema Indonesia, dia juga sepenuhnya memakai kopi organik dari berbagai daerah seperti Sumatera, Bali dan Sulawesi. Nino yang lulusan Bisnis itu juga menyediakan jajanan pasar sebagai pelengkap hidangan.

Untuk mencari bahan baku kopi bisa dijumpai di pasar atau mendatangi petani kopi secara langsung. Pastikan dalam menjalankan bisnis kopi untuk memilih biji kopi berkualitas agar rasanya nikmat den berkualitas. “Melihat perkembangan faktor-faktor pendorong itu, bisnis kedai kopi di Indonesia tahun depan diperkirakan positif,” ujar CEO Tahta Coffee, Andreas Chang. Tidak dapat di pungkiri bahwa dalam membuka sebuah bisnis warung kopi atau espresso shop benar-benar sangat menarik.

Karena, sebuah kedai/warung kopi melibatkan banyak tenaga kerja, tidak hanya peracik kopi tapi juga pelayan, penjaga keamanan, tukang parkir dan sebagainya. Dan ia lebih mengutamakan tenaga kerja dari warga sekitar, bukan dari luar Jogja. Ternyata pendidikan di Ekonomi Manajemen Internasional tidaklah sia-sia ia dapatkan, karena sistem manajemen dan pemasaran yang digunakan hingga sekarang, banyak didapatkan sewaktu kuliahnya dulu. Setelah itu, ia tawarkan kepada lebih dari a hundred calon investor untuk menawarkan investasi di bisnis Kedai Kopi. Atau bisa juga mengajak vlogger untuk me-review usaha anda mulai dari penyajian, inside, diskon, dan lain sebagainya. Mereka bisa mengupload video tersebut ke youtube dan ditonton oleh banyak orang.

Paringi Coffee & Vibes Kedai kopi berusaha mengikuti pasar dengan menyajikan produk kopi terbaik. Ada baiknya kamu sasar lokasi yang berdekatan dengan pusat-pusat keramaian seperti perkantoran, mal, sekolahan, kampus dan lainnya. Jangan lupa usahakan untuk membuat beda desain kedai kopi yang akan kamu bangun. Kalau pengelolaan dan manajemennya baik, maka bisa dipastikan akan mendapatkan keuntungan. Namun kalau buruk, maka akan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Pasalnya, kepuasan pelanggan merupakan salah satu bentuk promosi juga lho.

Dengan begitu, coffee store kamu akan terlihat ramai setiap hari, dan juga bisa nambah revenue bisnis kamu juga. Karena hasil yang didapat, tergantung dari bagaimana kondisi pasar, serta dari pihak kafe yang bisa menjaga kualitas usaha itu sendiri. Per Agustus 2019, jumlah kedai kopi di Indonesia mencapai lebih dari 2.950 gerai. Angka itu meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan 2016 yang jumlahnya diperkirakan hanya sekitar 1.000 gerai secara nasional. Hal tersebut pastinya akan sangat menguntungkan, terlebih anggaran biaya sewa tempat pun bisa kamu gunakan untuk biaya lainnya, seperti dekorasi maupun pembelian mesin kopi. Meski demikian, untuk membuka franchise kopi harus membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan bisa merogoh kocek antara ratusan juta hingga milyaran rupiah.