Cerita Indra Kahfi Bangun Bisnis Kedai Kopi

Pasalnya saat ini pengunjung bukan hanya ingin menikmati kopi saja melainkan juga ingin menikmati suasana kedai kopi. Kamu bisa mencoba bisnis ini dengan mempelajari teknik membuat perlengkapan mahar melalui internet. Cobalah mulai dengan membantu pernikahan teman, saudara, atau tetangga sekitar rumah. Kemudian jangan lupa untuk memfoto hasil kreasi kamu tersebut untuk kamu pamerkan melalui sosial media.

Sebelum anda membuka secara resmi, pastikan untuk mengiklankan Coffee shopbaru anda di media sosial dan publikasi lokal untuk membangkitkan minat. Selain itu, menawarkan diskon atau harga spesial pada hari pembukaan anda dapat membantu mendorong pelanggan untuk memberikan atensi dan berpotensi menjadi pelanggan tetap. Namun sekarang kebiasaan minum kopi sedikit bergeser, sehingga tidak sedikit kaum perempuan yang doyan menyambangi kedai kopi.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia , Eddy Sutanto memperkirakan, saat ini pasar peritel minuman kopi secara umum hanya berkisar 20% dari angka regular. Penyebabnya beragam, mulai dari psikologi pasar yang masih takut-takut untuk mengonsumsi kopi secara langsung di kedai kopi hingga adanya pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat di Jawa dan Bali. Bila target anda adalah anak muda yang gemar berkumpul beramai-ramai, buatlah kedai kopi yang nyaman untuk untuk mereka. Kopi kini banyak disukai anak muda, karena banyak variasinya yang lebih kekinian. Tak hanya sebagai penikmat, kebanyakan anak muda sekarang tertarik untuk terjun ke bisnis kopi.

Kehadiran seorang barista menjadi sebuah kebutuhan kedai kopi yang ingin tetap eksis dikalangan pelanggan mereka. Di berbagai kota besar Indonesia, sangat lazim kedai kopi yang mempekerjakan barista dengan berbagai fasilitas dan honor yang menjanjikan. Dilihat dari sisi pemberdayaan masyarakat difabel, barista menjadi salah satu bentuk pemberdayaan dengan berbagai ragam yang berbeda. “TOFFIN berkepentingan mendukung para pelaku usaha kedai kopi di Indonesia dengan riset ini, agar bisnis mereka bisa bertahan dan berkompetisi,” ujarnya. Poin utama berjualan kopi menggunakan gerobak adalah kedekatan antara barista atau penjual kopi dengan pelanggan, baik secara fisik maupun private.

Bisnis kedai kopi

Tatang Wijaya mengaku bahwa wabah COVID-19 ini mengakibatkan penurunan omset yang cukup mengejutkan baik offline maupun on-line. Cafe Koinonia sendiri mengalami penurunan sebesar 90%, atau hampir tidak ada konsumen yang datang ke Koinonia. Sedangkan, untuk konsep penjualan lewat Grab dan Gojek mengalami penurunan hingga 40%. Ini juga hal yang perlu Anda hindari, yaitu salah memilih karyawan dan rekan kerja. Tentu ini menjadi strategi paling ampuh karena jika mereka sudah merasa nyaman ngobrol dengan pemilik kedai.

Untuk harga yang ditawarkan pun beragam, silahkan pilih sesuai dengan modal yang tersedia. Harga kopi dan minuman dibeberapa tempat jelas menguntungkan dari sisi modal kopi itu sendiri yakni untuk secangkir kopi panas ataupun kopi susu dingin dibanderol harga 15 ribu hingga 25 ribu. persoalannya bukan pada harga kopi saja yang dihitung, namun juga pemilik kedai kopi perlu membayar sewa tempat, listrik , air PAM, biaya langganan WIFi, dan biaya lainnya. Gaya hidup minum kopi saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat, khususnya milenial. Hal ini tentunnya turut menumbuhkan industri kedai kopi dalam negeri.

Tidak perlu menyewa tanah atau bangunan jadi yang terbilang mahal. Project Officer Jacoweek 2017 dari ABCD of School Coffee Rastri Kusumaditra memberikan berbagai tips agar kedai kopi tetap bertahan dan sukses. Menurutnya, setiap kedai kopi harus bisa membuat minuman signature atau paling khas dari masing-masing kedai kopi. Dalam ajang Jakarta Coffee Week 2017 di HYPE Project Pantai Indah Kapuk, para pebisnis kedai kopi unjuk kreativitas dan kesuksesan mereka. Mereka juga berbagi tips agar tetap eksis menunjukkan inovasi di tengah industri kopi.

Sehingga konsumen tidak merasa dikecewakan akibat kualitas kopinya menurun. Memang, usaha kopi sudah banyak, supaya tidak kalah saing, harus ada hal spesial yang membedakan usahamu dengan milik orang lain. Untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas, Anda harus melakukan promosi bisnis. Selain promosi bisnis, Anda juga harus terus berinovasi untuk terus mempertahankan eksistensi kedai kopi dan mengembangkan bisnis. Itulah sebabnya, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu konsep kedai kopi Anda.