Industri, Perdagangan, Lembaga Keuangan, Koperasi, Usaha Dan Investasi

“Pemerintah dapat berperan penting, termasuk dengan memfasilitasi pembiayaan murah untuk pengadaan kapal,” tegas dia. Untuk bisa mengajukan pinjaman di KoinBisnis, usia usaha Anda harus minimal 2 tahun atau 6 bulan jika Anda memiliki toko online. Artinya, izin ini menentukan barang yang masuk kategori dibatasi bisa diekspor. Selain mengetahui barang yang dilarang diekspor, eksportir juga harus memahami apakah barang yang akan diekspor termasuk kategori barang yang dibatasi atau tidak. Setiap barang yang akan diekspor, tentunya memiliki ketentuan tersendiri.

Usaha Ekspor

Kegiatan mengekspor barang tidak hanya dapat dilakukan oleh badan usaha saja. Namun, pelaku usaha perseorangan hanya dapat mengekspor kelompok barang bebas ekspor. Sedangkan bagi lembaga atau badan usaha dapat mengekspor kelompok barang bebas ekspor dan barang dibatasi ekspor. Apabila anda sudah mengambil keputusan tentang produk dan negara tujuan dalam bisnis ekspor, selanjutnya adnda harus mempersiapkan segala sesuatu seperti perlengkapan produk dan biaya untuk melakukan ekspor. Agar produk anda mudah dikenali orang, maka buatlah brosur dan katalog produk. Anda bisa menyewa dan membayar lebih kepada fotografer agar hasil jepretan produk anda terlihat cantik dan menarik.

Produk atau ide-ide baru tersebut dapat dirancang, digarap dan diluncurkan dengan segera. Direktur PT ABM Investama Tbk Adrian Erlangga menyampaikan rencana peningkatan produksi untuk tahun ini. “ABMM sendiri berencana menambah produksi dan RKAB tapi tidak sampai 10%,” ujar Adrian kepada Kontan.co.id, Selasa (13/4). Tahun ini, pemerintah menganggarkan sampai Rp7,6 triliun untuk program digitalisasi UKM. Besarnya setara tujuh kali bujet yang disiapkan untuk perbaikan gizi ibu hamil dan anak-anak kurang gizi.

Mengelola bisnis ekspor impor sudah pasti berurusan dengan mata uang asing. Sering kali, Anda harus mengelola banyak mata uang asing karena vendor dan pelanggan Anda berasal dari berbagai macam negara. Namun jangan batasi peluang bisnis Anda dengan hanya menerima transaksi dalam mata uang dollar. Namun, tak berarti perkembangan teknologi membuat bisnis ini makin mudah dilakoni. Banyak pebisnis ekspor impor berujung gulung tikar karena tak mampu mengimbangi tren pasar atau gejolak politik internasional. Kami punya lima tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis ekspor impor Anda.

Anda akan memperoleh harga yang sangat tinggi karena langsung berhubungan dengan purchaser tanpa melalui perantara. Cara menjadi eksportir pemula dengan ekspor langsung mungkin terlalu rumit dan berat. Apalagi Anda juga harus mengenal karakter buyer yang sangat berlainan dari berbagai negara. Ada banyak kualifikasi dan kompetensi yang mesti Anda miliki agar bisa melakukan ekspor dengan cara ini. Seperti penguasaan bahasa Inggris, pengetahuan cara ekspor, standar kualitas produk, dan biaya yang besar. Yang menarik, perusahaan buying and selling semacam ini bukan hanya milik pengusaha Indonesia, namun tak sedikit yang merupakan milik pengusaha asing.

Kelebihan cara ini adalah proses produksi yang terpusat di negara asal serta kontrol yang baik dalam proses distribusi. Sedangkan kelemahannya adalah adanya hambatan perdagangan dan proteksionisme dari negara tujuan ekspor, serta biaya akomodasi yang lebih besar untuk produksi dengan skala besar. Yakni menjual suatu produk baik barang atau jasa dengan bantuan perantara yang ada di negara tujuan ekspor. Pada pelaksanaannya, penjualan terjadi melalui distributor atau perwakilan penjualan perusahaan. Banyak pelaku bisnis saat ini yang lebih memilih mengimpor produk-produk dari luar negeri dengan alasan penghematan biaya produksi dan ketiadaan sumber daya terkait produk-produk tersebut di negara mereka.

Bukan hanya buah manggis, mangga, salak dan pisang asli Indonesia yang digemari masyarakat dunia dan masih belum bisa dipenuhi secara baik. Tapi juga permintaan buah rambutan, nangka, melon, kelengkeng, dan semangka asli Indonesia dari berbagai negara di belahan dunia belum tercover seutuhnya. Bahkan negara Indonesia didahului oleh negara Thailand dan Malaysia perihal ekspor buah durian keluar negeri.

Pelaku usaha ini bisa eksportir, importir, PPJK, dan perusahaan pengangkut. Siti Fatimah menjelaskan, agar produk diterima di pasar, Dede Satoe membekali dengan izin dari pihak terkait dan telah mendapatkan sertifikat HACCP . Sertifikat HACCP merupakan bukti jaminan kualitas yang diterbitkan lembaga sertifikasi independen dan merupakan jaminan keamanan pangan, sehingga produk kami berhasil untuk ekspor ke beberapa negara.