Inovasi Pendidikan Dalam Situasi Pandemi

Di sinilah salah satu kunci penting dalam menurunkan kasus Covid-19, yaitu dengan mengendalikan mobilitas penduduk. Pemerintah sudah saatnya memberlakukan kebijakan pengendalian mobilitas penduduk. Strategi perlu dirancang dengan matang termasuk pemerintah harus menyiapkan paket-paket kompensasi bagi masyarakat dan dunia usaha ketika terjadi pengendalian mobilitas penduduk. Lalu, apa yang harus kita persiapkan untuk mrlakukan kebiasan adaptasi baru dalam kegiatan kita sehari-hari ? Secara pribadi, persiapkan psychological untuk menerima segala perubahan kebiasaan yang akan terjadi.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya & Kepala Grup Strategi Bisnis dan Keahlian Pemasaran ini juga mendorong semua orang untuk bergabung dengan webinar ini karena dapat memberikan nilai dalam meningkatkan performa atau pengetahuan kita terhadap manajemen pengetahuan. Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara, ada baiknya dimulai dari perspektif masalah. Masalah dalam kehidupan dan bisnis selalu ada dua yaitu masalah yang rutin dan masalah non-rutin. Masalah rutin adalah masalah yang terjadi tatkala ada penyimpangan dalam alur proses atau alur kerja yang sudah ditetapkan. Salah satu contoh, seorang pembersih lantai yang seharusnya melakukan pembersihan tiap 3 jam ternyata tidak melakukannya. “Tentunya kita sama-sama mengetahui kalau anak muda itukan masa-masa yang cendrung bersosialisasi dengan lingkungannya dengan adanya pandemi ini otomatis pergaulan anak muda menjadi terbatas, tidak bisa hangout bareng, traveling atau sekedar nongkrong-nongkrong bareng,” terangnya.

Lesti pun mengaku kangen tampil di konser besar yang biasanya digelar saat Ramadan. “Potensi kita untuk bekerja dan menjadi efektif dari mana pun itu menjadi suatu pembelajaran yang sangat baru buat kita,” ujar Nadiem. Kombinasi pembelajaran tatap muka dan jarak jauh ini dinilai memiliki potensi luar biasa untuk memajukan pendidikan nasional. Ada yang menerapkan penutupan wilayah atau lockdown, kebijakan tinggal di rumah, menjaga jarak atau physical distancing, karantina wilayah, dan banyak lainnya.

Menurut Jokowi, berbagai langkah dan respon kebijakan tersebut pemerintah mampu menangani peningkatan belanja kesehatan sekaligus menjaga ekonomi Indonesia dari berbagai tekanan. “Meskipun kita sempat mengalami kontraksi yang dalam di kuartal II tahun 2020, yaitu minus 5,32 persen. Tapi kuartal berikutnya kita melewati all-time low, ekonomi Indonesia tumbuh membaik sampai kuartal I-2021 kita berada di minus 0,74 persen,” tuturnya.

“Dari sini kita telah mengantisipasinya dengan altering the mindset bahwa on-line studying menjadi jawaban pembelajaran dan sekaranglah waktunya berubah. Sejauh ini, kami juga mengeksplorasi beberapa platform dan menggabungkan pembelajaran atau workshop melalui WhatsApp, Telegram, Zoom, Google Classroom, Padlet, dan lainnya. Meskipun begitu, online studying tetap harus ada palms on approach”, beber Juliana. SELAMA pandemi virus korona (covid-19), ada beberapa hal yang bisa dijadikan pola hidup dan kebiasaan baru untuk menurunkan penularan covid-19 sehingga masyarakat bisa produktif.

Sementara itu, nalar deduktif adalah realitas normatif yang jika diturunkan dalam realitas empiris tidak selalu diakronistik atau sejalan dengan konteks ruang dan waktu tertentu. Dalam kondisi demikian, maka yang terjadi adalah anakronisme perspektif sebagaimana dijelaskan di atas. Pengabaian terhadap norma-norma sosial di atas tentu saja dapat menimbulkan gangguan sosial-budaya karena norma-norma tersebut telanjur membentuk gugusan kebermaknaan eksistensial di kalangan masyarakat kita.

Jurnalisme inilah yang diperlukan bangsa sebagai penunjuk jalan bagi penyelesaian persoalan-persoalan genting bangsa ini. Kesimpulannya, kita berharap kebijakan fiskal melalui APBN dijalankan secara luar biasa dalam membantu masyarakat dan dunia usaha untuk pulih dan bangkit kembali dari dampak covid-19. Optimisme pemulihan ekonomi meningkat seiring ekspektasi terhadap perkembangan vaksin di tengah lonjakan kasis covid-19 yang masih memerlukan penanganan serius.

Situasi Pandemi

Ekonomi yang belum bisa dipacu sesuai kapasitasnya karena da pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat membuat dunia usaha kelimpungan. Kapasitas produksi berkurang, pendapatan turun, tentu harus diimbangi dengan efisiensi pengeluaran. Epidemiolog UGM, Riris Andono, Ph.D., mengatakan pemerintah perlu memperkuat sistem kesehatan nasional yang dinilainya masih lambat melakukan respons cepat dalam pengambilan tindakan saat penanggulangan penularan pandemi Covid-19. “Selama ini sistem kesehatan kita hanya mengelola program yang sama dan terus berulang dari tahun ke tahun dengan proses birokrasi yang begitu panjang,” katanya. Wali kota sangat memahami apabila di penghujung Ramadan merupakan kesempatan bagi umat muslim untuk meningkatkan aktivitas keagamaan. WALI Kota Bandung, Oded M. Danial berharap warga memahami kondisi terkini perihal Judi Online Covid-19 yang masih mengintai.