Mau Jadi Pengusaha Muda Sukses? Ini Dia Kuncinya!

Bahkan, ada juga yang vakum di dunia hiburan demi fokus untuk menjadi pengusaha sukses. Selain meraih penghasilan dari hasil kerja kerasnya di dunia hiburan, mereka juga pandai mengelola bisnisnya. Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis di usia muda adalah passion atau minat. Ada 582 juta entrepreneur di dunia, dan apakah semuanya menjadi entrepreneur karena passion?

Nadiem berhasil memperoleh gelar grasp dari salah satu universitas paling bergengsi di dunia, Harvard Business School. Dengan kata lain, kesempatan lebih besar menjadi milyader diraih oleh seorang pengusaha dibandingkan mereka yang bekerja untuk orang lain. Tidak sedikit orang bekerja di perusahaan mengerjakan tugas yang dibebankan kepadanya secara terpaksa.

Banyak pebisnis yang ‘kalah sebelum berperang’ karena sudah takut ketika melihat tanda-tanda kegagalan. Berteman dengan entrepreneur sukses bisa mendorong kamu untuk menjadi sukses. Kamu bisa belajar dari pengalaman bagaimana ia mencapai sebuah kesuksesan. Adopsi pola pikirnya untuk membuat kamu menjadi pribadi yang peka terhadap segala jenis peluang yang ada.

Setelah membaca perjalanan hidup para pengusaha muda di atas kita bisa menyimpulkan bahwa mereka membangun bisnis dari nol. Mereka bekerja keras mencari modal, menggaet konsumen, dan menjadikan usahanya berskala raksasa. Di usia muda, mungkin Anda belum terlalu memiliki kesibukan dengan tingkat yang tinggi, sehingga saat mengerjakan sesuatu akan lebih mudah focus, termasuk untuk mengelola bisnis. Alasan berbisnis di usia muda ini menjadikan banyak anak muda Indonesia saat ini, berhasil sukses dalam bisnisnya karena fokus dengan maksimal. Nama-nama pengusaha muda di atas merupakan contoh buat urbaners yang ingin membangun bisnisnya dan menjadi pengusaha di usia muda. Setiap pengusaha muda di atas tentu telah mengalami banyak rintangan dan kegagalan.

Ini akan menjadi obat untuk Anda ketika jatuh dan telah berkali-kali mengalami kegagalan. Seorang milyuner bukan mereka yang menghabiskan sepanjang hidupnya menjadi seorang karyawan. Cara sukses di usia muda yang dilakukan banyak pengusaha muda sukses Indonesia ialah dengan berani mengambil resiko dengan cara memulai usaha sendiri. Berawal dari tahun 2009, kini Tokopedia menjadi salah satu unicorn paling berpengaruh di Indonesia. Salah satu sosok di balik kesuksesan tersebut adalah Wiliam Tanuwijaya. Bagi Wiliam Tanuwijaya, bisnis sukses harus dimulai dan dibangun dengan usaha keras.

Ingin lebih penuh dalam menjalankan bisnis, ia harus berhenti kuliah pada semester four. Kedua orang tuanya tidak setuju jika anak sulungnya keluar dari bangku kuliah untuk melakukan bisnis dan menganggap proyeknya hanya sebatas iseng. Awalnya Valentina Meiliyana memang suka menggambar, menggambar berbagai macam sepatu. Dari situlah ia mulai berpikir untuk menciptakan sepatu yang dibuat dengan desainnya sendiri. Ternyata kecintaannya terhadap dunia desain, khususnya sepatu membawanya pada kesuksesan yang ia raih saat ini.

Pebisnis di usia muda

Namun, bukan pelanggan yang didapat, ia justru mendapatkan olok-olokan dari para netizen. Luangkan waktu untuk meningkatkan IQ bisnis Anda dan cari individu yang berpikiran sama yang dapat bergabung dengan tim Anda dan memperbaiki kekurangan yang Anda punya. Jika Anda mampu memperhatikan sisi bisnis dengan meningkatkan pengetahuan, Anda siap membangun sebuah startup yang bertahan lama. Sekarang ada media social seperti Instagram, Whatsapp, dan Facebook. Selain itu kita juga harus mampu menjaga kualitas produk kita,” ungkap Agus.