Meski Ada Pandemi, Bisnis Kedai Kopi Masih Menjanjikan

Selain menghasilkan kopi yang memiliki cita rasa khas, biasanya kedai kopi juga berlomba untuk menyedikan fasilitas paling diminati oleh kaula muda. Mulai dari tempatnya yang memiliki tema tertentu, spot foto, WiFi free of charge sampai dengan varian makanannya. Hal itulah yang membuat kedai kopi menjadi sebuah pilihan tempat nongkrong anak muda. Bahkan sekarang banyak sekali alat pembuat kopi, jenisnya pun beragam dari manual brewing hingga mesin automatic pembuat espresso. kalau dilihat memang tren ini tidak akan berakhir karena saat ini kopi sudah bukan lagi menjadi gaya hidup, namun”sepertinya” sudah menjadi kebutuhan. Cerita Yoga dan rekannya-rekannya membangun bisnis kedai kopi juga bisa dibaca di sini.

Bisnis kedai kopi

6/ Rendahnya entries barriers dalam bisnis kopi yang ditunjang dengan ketersediaan pasokan bahan baku, peralatan , dan sumber daya untuk membangun bisnis kedai kopi. “TOFFIN berkepentingan mendukung para pelaku usaha kedai kopi di Indonesia dengan riset ini, agar bisnis mereka bisa bertahan dan berkompetisi. Para pelaku bisnis perlu tahu apa yang sedang tren, bagaimana peta persaingannya, dan seperti apa proyeksi bisnis ke depannya,” ujar Ario. Untuk bisa menjadi mitra bisnis MOPI, Gio menetapkan nilai investasi sebesar Rp120 juta. Tentunya nilai ini untuk modal awal dalam menjalankan bisnis kedai kopi cellular ini mulai dari pembelian bahan baku hingga kendaraan yang digunakan untuk berkeliling. Modal adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis.

Bukan berarti kita model baru yang kecil, karena kita memiliki tujuan lebih dari itu. kita bisa mengimir semua unit ke seluruh Indonesia,” jelas Giovanni. Memiliki desain yang begitu unik dengan menggunakan sepeda motor, artinya para penjual tak perlu tempat permanen untuk berjualan. Karena dengan MOPI ini, parapenjual akan leih fleksible untuk menjajakan kopi yang telah disiapkan oleh MOPI.

Tak hanya belajar meracik dan menyajikan kopi, para peserta pelatihan juga mendapatkan materi dalam melakukan manajemen dan pengembangan bisnis. Harga kopi dan menu yang disajikan juga harus diikuti para peminat. Paling mahal, kopi Mopi dipatok dengan harga Rp18 ribu, untuk menu Mopi Blend.

Ralali.com memberikan kemudahan tersebut dengan menyediakan kategori “Kafe” di enterprise collection yang khusus menyediakan kebutuhan untuk menjalankan bisnis kedai kopi. Semoga tulisan mengenai peluang usaha kedai kopi ini dapat menjadi penuntun untuk Anda yang hendak terjun dalam bisnis kedai kopi. Angka-angka dalam analisa usaha tersebut dapat berbeda sesuai dengan daerah dan perubahan harga dari saat artikel ini ditulis. Hal ini tak lepas dari kebiasaan orang Indonesia yang suka nongkrong sambil minum kopi. Sehingga meskipun banyak pemain dalam bisnis kedai kopi, namun potensi pasarnya juga masih manis menggoda. Dari dulu yang namanya warung kopi pasti jadi serbuan, terutama kaum lelaki.

Tidak hanya itu saja, media sosial juga menjadi sarana tepat untuk mengambil keputusan untuk kedai kopi atau menginformasikan hal-hal menarik kepada pelanggan. Untuk menyajikan minuman kopi yang berkualitas, Anda perlu mencari provider yang terpercaya dan memang memiliki biji kopi yang baik. Baiknya, Anda melakukan uji coba ke beberapa provider sampai menemukan supplier yang pas di hati. Usahakan cari supplier yang lokasinya terjangkau dengan lokasi usaha warung kopi untuk memangkas ongkos kirim. Meski konsumsinya terbilang rendah, membuka usaha kedai kopi masih menjanjikan kok, apalagi di perkotaan.

Pastikan jika provider yang kamu pilih memiliki harga yang terjangkau dengan lokasi yang tepat untuk memangkas biaya kirim. Untuk hal ini, kamu bisa melakukan uji coba jenis biji kopi sampai menemukan kopi yang sesuai. Setidaknya perencanaan keuangan ini harus kamu terapkan saat sebelum warung kopi tersebut beroperasi.